» » » Sekilas Tentang Layer OSI

Sekilas Tentang Layer OSI

Penulis By on Senin, 18 Maret 2013 | No comments

www.Orangberdasi.com - Selamat sore kawan, semoga Anda selalu dalam keadaan sehat agar bisa selalu bisa berkunjung di blog ini hehehe dan dalam keadaan baik-baik saja. This time, walah sok piye, saya ingin berbagi informasi mengenai OSI Layer.

Berikut skema dari layer OSI itu sendiri.


OSI Layer itu sendiri merupakan kependekan dari Open System Interconnection. Model referensi OSI  menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah  melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer lain. Model referensi OSI secara konseptual terbagi ke dalam 7 lapisan dimana masing-masing lapisan memiliki fungsi jaringan yang spesifik, seperti yang dijelaskan oleh gambar di atas (tanpa media fisik). Model ini diciptakan berdasarkan sebuah proposal yang dibuat oleh the International Standards Organization (ISO) sebagai langkah awal menuju standarisasi protokol internasional yang digunakan pada berbagai layer . 

Model ini disebut ISO OSI (Open System Interconnection) Reference Model karena model ini ditujukan bagi pengkoneksian open system. Open System dapat diartikan sebagai suatu sistem yang terbuka untuk berkomunikasi dengan sistem-sistem lainnya. Untuk ringkas-nya, kita akan menyebut model tersebut sebagai model OSI saja.

Penjelasan untuk tiap-tiap layer akan segera saya posting. Tunggu tanggal mainnya,, hahaha. Sekian dulu saja ya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Salam Sukses !
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya