» » Layer OSI : Data Link Layer

Layer OSI : Data Link Layer

Penulis By on Senin, 08 April 2013 | No comments

www.Orangberdasi.com - Selamat pagi menjelang siang buat semua sedang beraktifitas atau mungkin yang akan mulai beraktifitas. Semoga hari ini diberi kelancaran untuk yang kerja ataupun yang sedang menuntut ilmu.

Pada postingan kali ini saya mau sharing mengenai salah satu Layer OSI yaitu Data Link Layer. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Agar komunikasi data digital berlangsung efektif, banyak hal yang akan diperlukan untuk mengontrol dan mengatur pertukaran data. Agar sistem pengontrolan yang diperlukan dapat tercapai diperlukan layer yang secara logika ditambahkan diatas physical-interface, logika yang ditambahkan tersebut dinamakan sebagai data-linkcontrol atau data-link-control-protocol. Untuk melihat kegunaan data-link-control, maka
ditampilkan beberapa hal yang berkaitan dengan komunikasi data agar berjalan efektif diantara dua station (transmiter-receiver) yang terhubung, yang meliputi :

        · Frame-synchronization
Data dikirimkan dalam bentuk blok yang disebut frame, awal dan akhir masing-masing frame harus dapat dikenali.
         · Flow-control
Station pengirim tidak akan mengirim frame pada kecepatan yang tinggi jika station penerima tidak dapat menangkapnya.
         · Error-control
Beberapa bit error yang dikenali dalam sistem transmisi harus dapat diperbaiki/betulkan.
         · Addressing
Pada lintasan yang bertitik banyak, seperti misalnya pada local-area-network, maka identitas dari kedua station yang terlibat didalam transmisi harus spesifik (diperinci).
         · Control dan Data pada link yang sama
Tidak diperlukan sekali untuk memiliki jalur komunikasi yang terpisah secara fisik untuk informasi pengontrol, tetapi penerima (receiver) harus dapat membedakan informasi pengontrol dari data yang sedang dikirimkan.
         · Link-management
Untuk memulai, merawat dan memutus lintasan komunikasi yang menopang pertukaran data membutuhkan sejumlah koordinasi dan kerjasama beberapa station, sehingga diburuhkan suatu prosedur untuk mengatur pertukaran data ini.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya