» » Hyper Text Markup Language, atau Sering Disebut HTML

Hyper Text Markup Language, atau Sering Disebut HTML

Penulis By on Kamis, 16 Januari 2014 | No comments

www.orangberdasi.com - Assalamu'alaikum.. Senang bisa menulis kembali di blog yang sederhana ini setelah meluangkan waktu untuk menonton pertandingan antara Persib Bandung v Pelita Bandung Raya yang berkesudahan dengan kemenangan Persib Bandung dengan skor 1-0.

Hyper Text Markup Language atau yang lebih dikenal dengan HTML merupakan sekumpulan simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser. Tag-tag tadi memberitahu browser bagaimana menampilkan halaman web dengan lengkap kepada pengguna.

HTML Logo
Gambar 1. Logo HTML

Tag-tag HTML selalu diawali dengan <x> dan diakhiri dengan </x> dimana x tag HML seperti b, i , u dan sebagainya. Namun ada juga tag yang tidak diakhiri dengan tanda </x> seperti tag <br>, <input>, dan lainnya.

Sebuah halaman website akan diapit oleh tag <html>.....</html>. File-file HTML selalu berakhiran dengan ekstensi *.htm atau *.html. Jadi jika anda mengetik sebuah naskah dan menyimpannya dengan ekstensi *.html maka anda membuat file yang berformat HTML.

Contoh kecil HTML
Gambar 2. Contoh Kecil HTML
Sebenarnya, dalam contoh HTML di atas hanya sedikit, karena dalam halaman sebuah website yang saya capture sudah di kompilasi dengan jenis yang lain seperti CSS, Javascript, dan juga PHP.

Menggunakan tag HTML

Beberapa contoh menggunakan tag HTML

Contoh tag dalam HTML
Gambar 3. Contoh tag dalam HTML
Sebenarnya masih banyak lagi tag-tag yang digunakan dalam HTML, akan tetapi untuk kali ini saya hanya menuliskan sedikit saja. Mungkin di lain kesempatan saya akan menambahkan yang lebih tentang tag-tag yang digunakan dalam HTML.

Salam Sukses! :D
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya